Rabu, 13 Oktober 2010

latar belakang industri dan perdagangan

PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PERUSAHAAN

Zaman sekarang kondisi bisnis banyak mempengaruhi kehidupan kita.Oleh karena itu perusahaan-perusahaan mempunyai beberapa tanggung jawab pada kehidupan dan kesejahteraan manusia.Istilah tanggung jawab social menunjukkan pertimbangan manajemen tentang pengaruh-pengaruh sosial disamping juga pengaruh ekonomi dari keputusannya dan berlaku bagi semua perusahaan tanpa memandang perusahaan tersebut.

 Pengertian Lingkungan Perusahaan

Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organosasi maupun kegiatannya , sedangkan arti lingungan secara luas mencakup semua factor ekstern yang mempengaruhi individu, perusahaan, dan masyarakat.
Dalam masyarakat pluralistic terdapat banyak pusat kekuatan, masing-masing mempunyai sifat mandiri.Beberapa kelompok tersebut dapat menyebarkan kekuatan dan mencegah terjadinya pemusatan kekuatan pada satu segmen masyarakat saja.

Kesan Negatif Dari Perusahaan

Dari pemberitaan pers yang kita ketahui, banyak masalah yang menciptakan kesan negative tentang perusahaan, antara lain menyangkut penyelewengan pajak, penyelundupan barang, penyogokan kepar para pejabat pemerintah, periklanan yang menipu, kebocoran pabrik yang berbahaya, pembayaran-pembayaran yang tidak legal dan sebagainya.Kritik terhadap perusahaan tidak hanya terbatas pada pertimbangan ekonomi, moral, etik, dan politik saja tetapi linkungan fisik juga.

Usaha-usaha untuk Memperbaiki Kesan Negatif

Untuk memperbaiki kesan negayif dari masyarakat perusahaan melaksanakan hubungan masyarakat yang efektif.kegiatan humas yang baik harus dapat menciptakan komunikasi dua arah yang serasi antara perusahaan dengan pemerintah dan masyarakat bukan hanya propaganda saja.


LINGKUNGAN FISIK, ENERGI, DAN KONSERVASI

Dari masalah-masalah ekonomi dan sosial salah satu masalah yang sangat sulit diatasi dan memerlukan biaya besar adalah berkaitan dengan lingkungan fisik, seperti Jakarta an Surabaya bahkan Jogjakarta yang tidak begitu besar jga sudah dirasakan adanya pencemaran airtanah karena kondisi pemukiman yang berjubel serta pembuanagan limbah yang terlalu dekat dengan sumber air.
Penembangan energi nuklir sebagai sumber tenaga di Indonesia yang sedang dalam penelitian harus diperhatikan secara seksama jika benar-benar dilaksanakan.Seperti kasus ledakan di Uni Soviet dan kebocoran pabrik pestisida Union

Carbide di Bhopal India nmerupakan contoh pencemaran udara yang cukup hebat.Dampaknya dapat dirasakan dalam jangka wakyu lama karena munculnya penyakit-penyakit yang di akibatkan pencemaran tsb.

 Ekologi

Ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungannya. Hal terutama yang menyebabkan kombinasi yaitu :

1. Semakin meningkatnya konsentrasi penduduk
2. Perkembangan teknolgi baru
3. Semakin meningkatnya kemakmuran ekonomi

Hampir setiap orang setuju dengan anggapan bahwa kita seharusnya menjaga kondisi lingkungan baik secara ekologis.Tetapi memerlukan adanya usaha timbale balik yang mungkin tidak selalu kita inginkan.Tujuan-tujuan ekologis memenag penting tetapi persoalan rillnya adalah menyangkut apakah kita dapat mengkoordinir tujuan-tujuan trsebut dengan tujuan sosial dan ekonomi lainnya dan sampai saat ini belum ada consensus tentang masalah tersebut.

 Macam-macam Polusi

Polusi merupakan pengrusakan lingkungan alam di mana kita hidup dan bekerja.Air dan udara yang sebelumnya bersih sekarang telah tercemar .

Pencemaran Udara

Rata-rata orang menghirup udara sebanyak 35 pon perhari.Jumlah ini merupakan enam kali dari jumlah makanan dan minuman yang dikonsumsi secara normal.
Dalam tahun 1983 di Amerika Serikat terdapat 200 juta ton sampah udara di lepas secara bebasl.Lebih dari 50% berasal dari mesin kendaraan motor , 22% dari pusat tenag listrik dan 15% dari pabrik-pabrik pengolahan. Sedankan di Indonesia sebagian besar pensemaran di akibatkan asap kendaraan bermotor mengingat jumlahnya yang cukup banyak.
Polusi udara ini dapat menyebabkan dampak negative yang biasanya dikaitkan dengan jantung dan pernapasan.Dan belum lama ini tercatat pencemaran udara yang hebat karena meledaknya pusat tenaga nuklir di Chernobyl, Uni Soviet yang menimbulkan radiasi dan meminta banyak korban.

Pencemaran Air

Kasus pencemaran air di Indonesia berasal dari berbagai macam sumber, seperti lingkungan pertanian , lingkungan industri, dan permukiman. Padatnya pemukiman penduduk di suatu daerahatau kampong seperti Jogjakarta juga dapat menjadi sumber polusi air.Jarak antara sumber air dengan tangki peresapan saling berdekatan sehingga bakteri-bakteri itu tidak baik bagi kesehatan badan kita jika diminum.

Pencemaran Sampah Awet

Di dunia ini hanya ada tiga macam tempat pembungan sampah yaitu bumi, air, angkasa.Sampah awet seperti kaleng bekas, botol, karet dan plastic sulit mendapatakan pembuangan , ditanam pun tidak lekas larut dalam tanah.Namun demikian masih ada pihak-pihak yang sangat membantu dalam mengurangi polusi sampah awet yaitu para gelandangan pencari kaleng bekas , botol dsb yang mendapatkan hasil dengan menjualnya ke pabrik-pabrik pengolahan . Pekerjaan yang telah dilakukan oleh para pengumpul kaleng itu sebenarnya sudah merupakan tahap awal dari proses pengolahan kembali sampai awet.Dalam perekonomian kita prose pengolahan kembali ini sangat penting , di samping dapat menciptakan lapangan kerja juga dapat menghemat energi, memberikan sumber bahan baku pelengkap bagi produksi dan membantu mengatasi persoalan sampah.Lagi pula hal ini dapat menghemat bahan baku serta mengurangi jumlah modal untuk bahan investasi yang diperlukan.

 Energi dan Konservasi

Di Indonesia sumber energi minyak bumi sudah lama digunakan di samping batu bara dan air. Kemudian muncul gas alam yang juga di hasilkan dalam negri dan akhir-akhir ini mulai dikembangkan penggunaan sumber energi matahari serta tenaga nuklir.Dari sumber energi tersebut kiranya sumber energi matagari dapat memberikan prospek penggunaan yang baik di masa depan mengingat bahaya yang hamper tidak ada, biayanya murah dan bebas polusi. Tetapi sebagian besar masih bergantung pada minyak dan gas.


LINGKUNGAN PEREKONOMIAN DAN PERPAJAKAN

 Alasan-alasan bagi Meningkatnya Pengeluaran Pemerintah

Pemerintah menaikkan pajak adalah untuk membiayai pengeluaran yang semakin meningkat . Meningkatnya pengeluaran pemerintah ini merupakan suatu tendensi yang mungkin menyebabkan naiknya laju pertumbuhan urbanisasi.
Di kota-kota besar seperti Jakarta , Surabaya dan sebagainya telah mengalami proses urbanisasi dengan pesat.Disamping sebagai pusat-pusat industri yang memberikan lapangan pekerjaan juga merupakan daerah pasaran yang baik bagi hasil industri itu sendiri maupun hasil pertanian.Alasan lain yang mendorong penduduk berpindah ke kota adalah keinginan memperoleh pendidikan yang lebih tinggi.
Kehidupan kota seperti ini menyebabkan timbulnya di antara nya: perlindungan kebakaran,pengaturan selokan ,penyediaan air minum dan sebagai nya .Masalah ini semua nya ditangani oleh pemerintah daerah tempat untuk itu pemerintah perlu memungut pajak pada masyarakat .Masalah masalah lain yang perlu mendapatan perhatian adalah masalh kesehatan ,pendidikan,transportasi.Ada nya pertambahan penduduk mengakibatkan pengeluaran pemerintah lebih besar.Pemerintah perlu menyediakan kebutuhan pokok mereka dengan usaha peningkatan produksi dalam negeri dan pengadaan impor dari luar negeri.Pemerintah telah meningkatkan higina perorangan dan sanitasi lingkungan terutama di daerah pedesaan

 Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah

Ada beberapa macam pajak yang dikenakan oleh pemerintah,antara lain:

A. Pajak tidak langsung

Pajak tidak langsung dapat di kenakan atas barang barang seperti rokok,tembakau,minuman keras dan sebagai nya,yang di bayar oleh importer,produsen dan pedagang besar.Macam pajak lain nya yang termasuk pajak tidak langsung adalah pajak penjualan import,cukai,bea masuk, pajak export dan sebagai nya .

B. Pajak langsung

Pajak kekayaan adalah termasuk pajak langsung dikenakan atau di pungut pada pembayar pajak.Macam pajak lainya adalah pajak pendapatan, pajak perseroan,dan pajak dividen
Secara keseluruhan penerimaan pemerintah dapat di peroleh dari :

• Penerimaan dalam negri
• Penerimaan pembangunan

Sedangkan seluruh pengeluaran pemerintah dapat dikelompokan dalam

• Pengeluaran rutin
• Pengeluaran pembangunan

LINGKUNGAN HUKUM

Hukum yang ada di Indonesia di bagi dua:

 Hukum publik
 Hukum privat


LINGKUNGAN PEMERINTAH

Hubungan antara perusahaan dan pemerintah telah berkembang dan usaha-usaha untuk menggali dan menggunakan sumber-sumber ekonomi yang di tujukan untuk menciptakan kondisi perekonomian yang sehat.Hubungan ini menimbulkan berbagai macam kelompok kegiatan usaha dan akan berpengaruh terhadap perubahan sumber-sumber yang haru digunakan
Walaupun kebijaksanaan yang diambil sudah sesuai dengan adat kebiasaan ,tetapi belum tentu dapat mengatasi segala persoalan yang di sebabkan oleh perubahan tersebut .Dalam hal ini sering di perlukan adanya pemikiran baru.Pemerintah telah banyak membantu kegiatan usaha dalam berbagai berbagai bentuk antara lain perlindungan terhadap kekayaan dan hak paten,serta pengadaan kontrak-kontrak.

 Perhatiaan pemerintah terhadap kegiatan usaha

Pemerintah telah memberikan bantuan dalam kehidupan perusahaan terutama berupa perlindungan atas kekayaan,pengadaan kontrak dan pemberian paten.Selain itu juga pemerintah membantu perusahaan kecil atau lemah.

A. Bantuan di bidang transportasi
B. Bantuan kepada perusahaan-perusahaan kecil

Bantuan kepada perusahaan kecil di golongkan kedalam tiga golongan,yaitu:

• Bantuan financial
• Bantuan pemberian kontrak
• Bantuan teknik dan manajemen

Bantuan finasial telah banyak di berikan kepada para pengusaha kecil atau golongan konomi lemah terutama pengusaha pribumi melalui lembaga-lembaga keuangan yang ada ( bank ).Bantuan semacam ini di wujudkan dalam bentuk kredit ( Kredit Investasi Kecil , Kredit Modal Kerja Permanen dan Kredit Candak Kulak ) dengan tingkat bunga yang rendah.

C. Bantuan di bidang komunikasi


LINGKUNGAN INTERNASIONAL

Lingkungan Internasional merupakan suatu konsep keseluruhan yang luas meliputi kegiatan dan masalah perekonomian dunia.Misalnya masalah krisis energi yang terjadi sesudah tahun 1973 menyebabkan beberapa Negara pengimpor minyak mengalami kesulitan.Beberapa Negara maju seperti Amerika , Jepang memegang peranan penting dalam perekenomian dunia.Mereka membuat barang dan jasa untuk melayani konsumen seluruh dunia.

 Neraca Pembayaran Internasional

Keadaan perekonomian internasinal beberapa Negara ditunjukkan dalam Neraca Pembayaran.Neraca pembayaran ini menggambarkan transaksi-transaksi internasional.Suatu konsep penting yang berhubungan dengan neraca pembayaran adalah neraca perdagangan.Jika suatu Negara mengekspor barang-barang melebihi impornya, keadaan ini menunjukkan neraca perdagangan yang menguntungkan dan begitu sebaliknya.
Adanya spesialisasi tenaga kerja yang disertai dengan pertukaran barang-barang, menyebabkan pendudik di masing-masing Negara mendapatkan standard hidup yang lebih tinggi daripada mereka memenuhi sendiri semua kebutuhannya.Dengan dilakukan perdagangan internasional , akhirnya masing-masing Negara mengkonsumsi sesuatu lebih besar daripada apa yang telah diproduksinya.

 Perusahaan-perusahaan Multinasional ( Multinational Corporation )

Perusahaan-perusahaan Multinasional kebanyakan berasal dari Negara-negara Eropa, Amerika dan Jepang.Pasar yang dikuasainya meliputi beberapa Negara selain Negaranya sendiri.
Di Eopa telah terbentuk Pasaran Bersama Eropa ( PBE )yang terdiri dari Negara Perancis, Jerman Barat, Italia, Nederland, Belgia, Luxemburg, dan Inggris.Selain di Eropa , terdapat juga di Amerika tengah dengan nama Central American Common Market ( meliputi Negara-negara Argentina , Brazil , Chili , Columbia , Ecuador , Mexico , Paraguay , Peru dan Uruguay )dan di Asia Tenggara dengan nama Associaton of South East Asian Nations ( ASEAN ). Indonesia termaqsuk salah satu anggota selain Singapura , Malaysia , Philipina , dan Muangthai segera menyusul menjadi adalah Brunei Darussalam.

 Kegiatan-kegiatan Multinational

Perushaan-perusahaan Multinational bertujuan memasarkan barang hasil produksinya tidak hanya ke satu Negara , tetapi juga ke Negara-negara lain.perusahaan-perusahaan Multi nasional beroperasi untuk mengembangkan pasar nya secara ekonomis dan berusaha memanfaatkan keadaan politik yang menguntungkan.Untuk menjalankan kegiatannya perusahaan tersebut dapat berbentuk suatu joint venture,perjajian lisensi atau kontrak-kontrak khusus yang di tandatangangi bersama dengan pemerintah.Dan adanya perusahaan multinasional dapat membantu untuk memperbaiki kondisi perekonomian dari satu Negara terhadap Negara lain.

 Ciri-ciri Perusahaan Multinasional

PBB dalam laporan tahun 1973 mendefinisikan Perusahaan Multinasional yaitu sebagai suatu perusahaan yang kegiatan pokoknya meliputi usaha-usaha pengolahan /manufaktur atau pemberian jasa dalam sedikitnya dua Negara.
Dengan definisi ini maka perusahaan multinasional merupakan sumber dari penanaman modal asing langsung dan jumlahnya merupakan ukuran kegiatan perusahaan.






 Kebaikan dan Keburukan Perusahaan Multinasional

a. Kebaikan Perusahaan Multinasional

• Menambah devisa Negara melalui penanaman modal di bidang export
• Mengurangi kebutuhan devisa untuk import di sector industri
• Menambah pendapatan Negara
• Manambah kesempatan kerja
• Meningkatkan taraf hidup karyawan
• Meningkatkan kemampuan dan keterampilan bagi tenaga kerjanya
• Memodernisir industri
• Menambah arus barang
• Memperluas pasar faktor-faktor dalam negeri
• Ikut mendukung pembangunan nasional

b. Keburukan Perusahaan Multinasional

• Makin banyaknya Perusahaan Multinasional yang didirikan dapat mempengaruhi kekuasan ekonomi Negara.Tetapi jika jumlahnya sedikit,maka arti kuatitatifnya tidak banyak
• Perusahaan-Perusahaan Multinasional tersebut memperoleh hasil berupa :
 Keuntungan yang akan dialihkan keluar negeri kepada pemegang sahamnya
 Penyusutan/depresiasi, dalam peraktek sering digunakan untuk menyembunyikan keuntungan-keuntungan agar tidak terkena pajak
 Kebutuhan akan bahan baku dan barang modal harus didatangkan dari luar negeri yang dalam pelaksanaanya pemerintah harus menyediakan fasilitasnya
Selain itu perusahaan Multinasional berhak menarik kembali modalnya sewaktu-waktu.Keadaan seperti ini dapat memberikan akibat yang kurang menguntungkan dalam neraca pembayaran .

• Dapat merusak kehidupan politik dan ekonomi Negara
• Mencari keuntungan yang sebesar-besarnya dengan memperbesar modal

 Lembaga-lembaga yang Membantu Perdagangan Internasional

Untuk menjual barang ke luar negeri atau mengimpor barang dari luar negeri di perlukan adanya lembaga-lembaga perantara.perantara ini disebut middlemen dan di bedakan menjadi

a) Export and Import Commossion House
b) Merchant Exporters and Importers
c) Manufacturer’s Export Agents
d) Export and Import Brokers
 Perkembangan Impor dan Ekspor Indonesia

Sejak 1969 keadaan ekspor Indonesia keseluruhan mengalami perkembangan yang positif dalam nilai dolar tetapi periode 1981/1982 keadaan ekxpor mulai mengalami fluktuasi.
Barang-barang yang di ekxpor di golongkan kedalam dua kelompok, yakni barang-barang selain migas dan migas (minyak dan gas bumi )
Barang-barang yang termasuk kategori bukan minyak dikelompokan lagi menjadi:
a) Golongan barang utama,terdiri atas : kayu,karet,timah,minyak kelapa sawit,kopi,tembakau,teh dan biji kelapa sawit
b) Golongan barang lain terdiri atas:hewan beserta hasilnya,lada,bungkil kopra,kopra,bahan makanan,barang tambang dan lain-lain

Impor yang dilakukan oleh Indonesia adalah:
a) Barang komsumsi,terdiri atas :beras,tepung terigu,tekstil dan lain-lain
b) Bahan baku dan penolong,terdiri atas :cengkeh,bahan kimia,hasil dan preparat kimia,bahan cat,pupuk,kertas,benang tenun,cambric dan shirthing,bahan bangunan dll
c) Barang modal terdiri atas :mesin-mesin,generator listrik,alat telekomunikasi dll

Selain ketiga golongan barang tersebut,Indonesia juga mengimpor minyak dan gas untuk konsumsi dalam negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar