Sabtu, 30 Oktober 2010

pemasaran

PEMASARAN

PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN
 Pengertian Pemasaran
Pemasaran dan produksi merupakan fungsi pokok bagi perusahaan.Pada saat ini kegiatan pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia usaha.Contohnya seperti , penjualan, perdagangan, dan distribusi.
Definisi pemasaran yang dikemukakan oleh William J.Stanton yaitu pemasaran adalah system keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditunjukkan untuk merencanakan, menentukkan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Dari definisi tersebut dapat diketahui bahwa sebenarnya proses pemasaran itu terjadi atau dimulai jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi.

 Penciptaan Faedah Bagi Konsumen
Selain pemasaran , kegiatan lain yang dapat menciptakan nilai ekonomi adalah :
• Produksi yang membuat barang-barang
• Konsumsi yang menggunakan barang-barang tersebut
Faedah ( utility ) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan.
Perusahaan dapat menciptakan lima macam faedah yakni, : faedah bentuk, faedah waktu , faedah tempat, faedah milik, dan faedah informasi
Dari kelima faedah tersebut , kegiatan pemasaran menciptakan empat faedah yakni, : faedah waktu, faedah milik, dan informasi, sedangkan faedah bentuk diciptakan oleh kegiatan produksi.

 Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran merupakan falsafah perusahaan yang menyatakan bahwa pemasaran keinginan pembeli adalah syarat utama bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Perusahaan yang menganut konsep pemasaran ini tidak hanya sekedar menjual barang saja, tetapi lebih dari itu, dimana perusahaan harus memperhatikan konsumen beserta kebutuhannya. Secara definitif dapat dikatakan bahwa konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.

 Pendekatan Studi Pemasaran
Pemasaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan, yaitu :
• Pendekatan serba fungsi
• Pendekatan serba lembaga
• Pendekatan serba barang
• Pendekatan serba manajemen
• Pendekatan serba system

 Pendekatan serba fungsi
1. Penjualan
Penjualan merupakan fungsi yang palin penting dalam pemasaran karena menjadi tulang punggung kegiatan untuk mencapai pasar yang dituju.fungsi penjualan juga merupakan sumber pendapatan yang diperlukan untuk menutup ongkos-ongkos dengan harapan mendapatkan laba.

2. Pembelian
Fungsi pembelian bertujuan memilih barang-barang yang dibeli untuk dijual atau untuk digunakan dalam peruasahaan dengan harga, pelyanan dari penjual dan kualitas produk tertentu.

3. Pengangkutan
Pengangkutan merupakan fungsi dari tempat ketempat barang dikonsumsikan.

4. Penyimpanan
Penyimpanan merupakan fungsi menyimpan barang-barang pada saat barng selesai diproduksi pada sampai saat barang dikonsumsikan.
Adapun alasan – alasan untuk mengadakan penyimpanan yaitu :
a. Produksi bersifat musiman, sedangkan konsumen bersifat terus-menerus
b. Konsumsi bersifat musiman, sedangkan produksi terus-menerus sepanjang tahun
c. Spekulasi
d. Menyetabilkan harga
e. Penyimpana memungkinkan pembelian dalam jumlah besar

5. Pembelanjaan
Pembelanjaan merupakan fungsi mendapatkan modal dari sumber ekstern guna menyelenggarakan kegiatan pemasaran.

6. Penanggungan risiko
Penanggungsn risiko adalah fungsi menghindari dan mengurangi risiko yang berkaitan yang berkaitan dengan pemasaran barang.Tiap-tiap perusahaan menghadapi macam-macam risiko antara lain :
a. Risiko yang ditimbulkan oleh alam , seperti : gempa bumi, angin puyuh, banjir
b. Risiko yang ditimbulkan oleh manusia seperti : kebakaran, pencurian, tidak dibayarnya utang pada pembeli
c. Risiko yang ditimbulkan oleh pasar , seperti : merosotnya harga penjualan
Adapun cara-cara yang dapat ditempuh untuk mengurangi risiko, khususnya kebakaran dan pencurian, ialah :
a. Memperkecil jumlah persediaan barang
b. Dengan mengusahakan fasilitas penyimpanan yang baik dan kuat
c. Dengan mengasuransikan barang-barang yang disimpan

7. Standardisasi dan grading
Standardisasi adalah penentuan batas-batas dasar dalam bentuk spesifikasi barang-barang hasil manufaktur ( normalisasi ).Adapun dasar penentuan standard untuk barang-barang hasil manufaktur adalah :
• Ukuran jumlah ( Rim untuk kertas )
• Ukuran kapasitas ( 1 liter untuk oli )
• Ukuran fisik ( 4 R untuk ban sepeda motor )
• Ukuran kekuatan ( tenaga kuda untuk mesin dan motor )
Grading adalah usaha-usaha menggolong-golongkan barang ke dalam golongan standard kualitas yang telah mendapat pengakuan dunia perdagangan .
Adapun cara penggolongan yang dapat dilakukan adalah :
• Memeriksa dan menyortir dengan panca indra
• Memeriksa dan menyortir dengan alat
• Memeriksa dan menyortir melalui contoh barang

8. Pengumpulan informasi pasar
Dalam fungsi ini termasuk pula pengumpulan dan penafsiran keterangan-keterangan tentang macam barang yang beredar di pasar , jumlahnya , macam barang yang dibutuhkan konsumen , harganya dan sebagainya.Di samping itu dikumpulkan data tentang jumlah konsumen dan tempat tinggal mereka , daya beli konsumen ,dan kesukaan mereka.
Sebenarnya kedelapan macam fungsi pokok pemasaran tersebut dapat dimasukkan kedalam tiga macam fungsi , yaitu :
• Fungsi pertukaran
• Fungsi penyadiaan fisik
• Fungsi penunjang

 Pendekatan Serba Lembaga
Pendekatan serba lembaga ini mempelajari pemasaran dari segi organisasi / lembaga-lembaga yang terlibat dalam kegiatan tersebut, antara lain :
• Penyedia bahan / supplier
• Produsen
• Perantara dagang
• Perantara agen
• Perusahaan saingan
• Pembeli akhir

 Pendekatan Serba Barang
Pendekatan serba barang ( pendekatan organisasi industri ) merupakan suatu pendekatan yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen industri.

 Pendekatan Serba Manajemen
Pendekatan serba manajemen mempelajari pemasaran dengan menitik-beratkan pada pendapat manajer serta keputusan yang mereka ambil.Di sini , pemasaran ditinjau sebagai suatu kerangka yang terdiri atas variable-variabel yang dapat di kontrol seperti : produk perusahaan, saluran distribusi, harga dan promosi,ditambah dengan variable-variabel yang tidak dapat di kontrol atau variable lingkungan seperti persaingan, permintaan dan masyarakat.

 Pendekatan Serba Sistem
Sumber pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran, barang, jasa, ide, orang, dan factor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.

STRUKTUR ORGANISASI PEMASARAN

Sebagai salah satu fungsi pokok dalam perusahaan , pemasaran dipegang oleh seorang manajer pemasarn yang kebanyakan bertanggung jawab pada direktur perusahaan.Manajer pemasaran membawahi sejumlah individu yang dikelompokkanke dalam dua sub bagian , yaitu :
• Sub bagian perencanaan pemasaran dan pelayanan alat staf penunjang
• Sub bagian penjualan umum
Kepala sub bagian perencanaan pemasaran dan pelayanan alat penunjang bertanggung jawab terhadap masalah-masalah :
 Perencanaan dan perdagangan barang
 Periklanan
 Riset pemasaran
 Analisis dan pengawasan penjualan
 Anggaran penjualan
 Peramalan penjualan
 Perencanaan saluran , territorial dan kuota
 Pengawasan persediaan
 Penjadwalan produksi
 Distribusi fisik
Sedangkan kepala sub bagian penjualan umum bertanggung jawab terhadap masalah-masalah :
 Penjualan lapangan
 Kegiatan kantor penjualan

PASAR

 Pengertian Pasar
Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk memuaskan membelanjakkan.Dari definisi tersebut terdapat tiga unsur yang penting dalam pasar , yaitu :
• Orang dengan segala keinginan
• Daya beli mereka
• Kemauan untuk membelanjakkan uangnya

 Macam-macam Pasar
• Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk di konsumsikan , bukannya dijual atau diproses lebih lanjut
• Pasar industry adalah pasar yang terdiri atas individu-individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang-barang untuk dipakai lagi.
• Pasar penjual adalah pasar yang terdiri atas individu-individu dan organisasi yang membeli barang dengan maksud untuk dijual atau di sewakan
• Pasar pemerintah adalah pasar di mana terdapat lembaga-lembaga pemerintah

 Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar ( segmen pasar )yang bersifat homogen.

MARKETING MIX DAN PRODUK

 Pengertian Marketing Mix
Marketing mix adalah kombinasi dari empat variable atau kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran perusahaan , yakni : produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan system distribusi.Marketing mix tersebut merupakan satu perangkat yang akan menentukkan tingkat keberhasilan pemasaran bagi perusahaan.

 Pengertian Barang
Barang / produk adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak , termasuk bungkus, warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayanan perusahaan dan pengecer , yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhannya.

 Penggolongan Barang menurut Tingkat Pemakaian dan Kekongkritannya
1. Barang Tahan Lama
Barang tahan lama adalah barang-barang yang secara normal dapat dipakai berkali-kali jadi dapat dipakai dalam jangka waktu panjang.

2. Barang Tidak Tahan Lama
Barang tidak tahan lama adalah barang-barang yang secara normal hanya dapat dipakai sekali atau beberapa kali saja

3. Jasa
Jasa adalah kegiatan, manfaat, atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual.misalnya : jasa reparasi , jasa potong rambut , jasa pendididkan dan sebagainya.

 Penggolongan Barang menurut Tujuan Pemakaiannya oleh si pemakai
1. Barang konsumsi
Barang konsumsi adalah barang-barang yang dibeli untuk di konsumsi.Barang konsumsi dikelompokkan menjadi tiga golongan yaitu barang konvenien ( barang yang mudah dipakai ) , barang shopping ( barang yang harus dibeli ) , barang special ( barang yang mempunyai cirri khas ).

2. Barang Industri
Barang-barang yang dibeli untuk diproses lagi atau untuk kepentingan dalam industry baik secara langsung atau tidak.Barang industry tersebut masih dapat dibedakan menjadi lima golongan yaitu bahan baku , komponen dan barang setengah jadi , perlengkapan operasi , intalasi , peralatan ekstra

 Siklus Kehidupan Barang
Seperti halnya manusia , barang juga memiliki siklus kehidupan / umur yang terdiri atas beberapa tahap sejak barang diperkenalkan sampai tidak lagi terdapat di pasaran.
Tahap-tahap siklus kehidupan barang antara lain :
a. Tahap perkenalan
b. Tahap pertumbuhan
c. Tahap kedewasaan dan kejenuhan
d. Tahap kemunduran

 Merk
Istilah merk atau brand dapat didefinisikan dalah suatu nama , istilah simbul , atau disain , atau kombinasinya yang dimaksudkan untuk memberi tanda pengenal barang atau jasa dari seorang penjual dan untuk membedakannya dari barang-barang yang dihasilkan oleh pesaing.

SALURAN PEMASARAN

 Pengertian Saluran Distribusi
Saluran distribusi untuk suatu barang adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen samapi ke konsumen atau pemakai industri.Lembaga-lembaganya adalah produsen , prantara , dan konsumen akhir atau pemakai industry .

 Alternatif Saluran Distribusi untuk Barang Konsumsi dan Barang Industri
Perantara adlah individu lembaga bisnis yang beroperasi di antara produsen dan konsumen atau pembeli industry . Macam-macam perantara dibagi 2 yaitu pedagang besar dan agen.

 Saluran Distribusi Ganda
Ada beberapa masalah yang harus dipertimbngkan dalam pemilihan saluran distribusi .Faktor-faktor tersebut antara lain :
a. Jenis barang yang dipasarkan
b. Produsen yang menghasilkan produknya
c. Penyalur yang bersedia ikut mengambil bagian
d. Pasar yang dituju
Adanya saluran ganda ini dapat menciptakan system saluran yang bersaingan dari satu produsen dan juga tidak perlu menggantungkan kegiatan penyalurannya pada satu penyalur.

 Perantara Saluran
Perantara saluran melaksanakan berbagai macam fungsi pemasaran seperti penyimpanan , pengangkutan dan sebagainya . Adapun jenis perantara anatara lain pedagan besar , pengecer dan agen.

 Pedagang Besar
Pedagang besar merupakan salah satu lembaga saluran yang sangat penting.Adapun fungsinya yaitu :
a. Pedagang besar dengan fungsi penuh yaitu pedagang yang melaksanakn seluruh fungsi pemasaran
b. Pedagang besar dengan fungsi terbatas yaitu pedagang yan hanya melaksanakan satu atau beberapa fungsi pemasaran

 Pengecer
Perdagangan eceran ini meliputi semua kegiatan yang berhubungan secara langsung dengan penjualan barang atau jasa kepada konsumen akhir untuk keperluan pribadi.
Jenis – jenis pengecer :
a. General merchandise store
b. Single-line store
c. Specialty store

 Agen
Jenis – jenis agen antara lain :
a. Agen penjualan
b. Agen pembelian
c. Agen pengangkutan

 Jumlah Perantara dalam Saluran
Jenis-jenis distribusi antara lain :
a. Distribusi intensif
b. Distribusi selektif
c. Distribusi esklusif

 Distribusi fisik
Distribusi fisik dipakai untuk menggmabrkan luasnya kegiatan pemindahan suatu barang ke tempat tertentu pada saat tertentu .Pada pokoknya , masalah penting yang terdapat dalam kegiatan fisik adlah pengangkutan dan penyimpanan.

PENENTUAN HARGA

 Arti dan Pentingnya Harga
Harga adalah sejumlah uang ( ditambah beberapa barang kalau mungkin ) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.Harga yang ditetapkan harus dapat menutup semua ongkos atau bahkan lebih dari itu untuk mendapatkan laba.
Salah satu prinsip bagi manajemen dalam penentuan harga ini adalah menitik-beratkan pada kemauan pembeli untuk harga yang telah ditentukkan dengan jumlah yang cukup untuk menutup ongkos-ongkos dan menghasilkan laba.

 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Harga
Dalam kenyataan , tingkat harga dipengaruhi oleh beberapa factor yaitu , antara lain :
1. Keadaan perekonomian
2. Penawaran dan permintaan
3. Elastisitas penawaran
4. Persaingan
5. Biaya
6. Tujuan perusahaan
7. Pengawasan pemerintah

 Metode-merode Penetapan Harga
Ada dua pendekatan pokok dalam penentuan harga jual yaitu :
1. Penetapan harga biaya plus
2. Penetapan harga Mark-up
3. Penetapan harga break even
4. Penetapan harga dalam hubungannya dengan pasar

 Politik Penetapan Harga
Penetapan harga bagi perusahaan yang besar sering melibatkan beberpa manajer seperti manajer produk , manajer penjualan , dan manajer lainnya . Beberapa politik penetapan harga antara lain yaitu : penetapan harga psikhologis , price lining , potongan harga , dan penetapan harga geografis .

PROMOSI DAN PERIKLANAN

 Promosi
Promosi merupakan salah satu variabel marketing mix yang digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasarnya atau sering dikatakan sebagai proses berlanjut.
Promosi dipandang sebagai “ arus informasi atau persuasi satu – arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran “
Kegiatan yang ada dalam promosi pada umumnya ada empat yaitu periklanan , personal selling , promosi penjualan dan publisitas dan hubungan masyarakat .

 Periklanan
Periklanan adalah komunikasi non individu , dengan sejumlah biaya , melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan , lembaga non laba , serta indvidu-individu.

1. Tujuan Periklanan
Tujuan periklanan adalah menjual atau meningkatkan penjualan barang atau jasa. Adapun tujuan lainnya yaitu : Mendukung program personal selling dan kegiatan promosi yang lain , Mencapai orang-orang yang tidak dapat dicapai oleh salesman dalam jangka waktu tertentu , Mengadakan hubungan dengan para penyalur , Memasuki daerah pemasaran baru.

2. Jenis periklanan
a. Periklanan barang
b. Periklanan kelembagaan

3. Media periklanan
a. Surat kabar
b. Majalah
c. Radio
d. Televisi
e. Pos langsung

4. Biro periklanan
Biro periklanan merupakan lembaga bisnis yang berdiri sendiri , yang mengkhususkan kegiatannya di bidang pemasaran , pengembangan dan penempatan periklanan bagi langganannya . Adapun sumber penghasilannya berasal dari komisi media dan ongkos jasa untuk disain iklan.

PERSONAL SELLING, PROMOSI, PENJUALAN, DAN PUBLISITAS

 Personal selling
Personal selling adalah interaksi antar individu , saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan , memperbaiki , menguasai , atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain.Masalah-masalah personal selling yaitu :

1. Proses personal selling
a. Persiapan sebelum penjualan
b. Penentuan lokasi pembeli potensial
c. Pendekatan pendahuluan
d. Melakukan penjualan
e. Pelayanan sesudah penjualan

2. Jenis Tugas Penjualan dan Salesman
a. Trade selling dan merchandising salesman
b. Missionary selling dan detailman
c. Technical selling dan sales enginer
d. New business selling dan pioneer product salesman

 Promosi Penjualan
Promosi penjualan istilah yang berbeda dari promosi.Dalam promosi penjualan perusahaan menggunakan alat – alat seperti peragaan , pameran , demonstrasi , hadiah , contoh barang dan sebagainya.

 Publisitas
Publisitas merupakan salah satu kegiatan promosi yang dilakukan melalui suatu media.Namun informasinya bukan berupa iklan tetapi berita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar